Wednesday, April 13, 2016

Wednesday, April 13, 2016


Adalah sebuah pulau paling utara di Provinsi Maluku Utara. Provinsi Maluku Utara memiliki 10 Kabupaten/Kota yakni 8 Kabupaten dan 2 Kotamadya. Pulau Morotai di bawah administrasi Kabupaten Pulau Morotai yang beribukotakan Daruba. Pulau ini saya sebut negara api. Ya! Suhu panas maut disini sanggup membuat sun block SPV 100 sia sia belaka. Sebelah barat daya berbatasan dengan kepulauan Filipina, sebelah timur laut berbatasan langsung dengan Laut Pasifik.

Populasi kurang lebih 120.000 jiwa dengan luas wilayah 1.800 km2. Pulau Morotai (Pulau Utama dimana terletak kota Daruba) dapat ditempuh dari Ternate melalui pesawat, atau jalur darat yakni Ternate - Tobelo - Morotai. Ternate ke Tobelo memakan waktu 5 jam (terdiri dari 45 menit naik speed boat, kemudian 4 jam lebih ke Tobelo), Tobelo ke Morotai dapat ditempuh dengan Ferry (3 jam) dan Speed boat (1,5 jam).


Ternate





Pelabuhan Speed Boat Daruba
Kepulauan Morotai mempunyai banyak pulau dan pantai - pantai eksotis, namun terdapat pantai yang paling populer di masyarakat setempat yaitu Pantai Dodola yang berada di Pulau Dodola. Dari pulau utama Morotai atau tepatnya di pelabuhan speed boat Daruba menuju Pulau Dodola dibutuhkan waktu 1 jam (kecepatan aje gile). Ombak di sekitaran kepulauan ini cukup besar, mengingat pulau Morotai ini berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik di sebelah timur laut. Mental sayapun agak ciut ketika dalam perjalanan ini. Wajah agak pucat dan sedikit gemeteran (sedikit) ketakutan. Takut mati cuy. 

Ombak ala ala pasifik menari - nari di lautan sekitaran pulau Morotai ini. I can say, ke pulau Morotai bulan Desember adalah ide buruk untuk yang nyali kerupuk dan mental kapas kayak yang nulis ini. 
Tapi setibanya di Pulau Dodola, anda akan terkejut dengan keindahan pantai Dodola ini, totally a breathtaking landscape!



Pantai Dodola



Di Pulau ini tersedia resort / hotel jika ingin menginap di pulau ini. Harganya cukup mahal yakni berkisaran 700 ribu per malam hingga 1,5 juta per malam. Bawalah makanan dari Daruba, karena tidak banyak yang berjualan disini, hanyalah 1 buah warung yang ada disini (waktu saya kesini, weekday), tentunya dengan harga monopoli (bukan game). Harga makanan di Morotai lebih mahal jika dibandingan dengan harga makanan di Jakarta. Untuk penginapan atau hotel berkisaran 250 ribu - 600 ribu.

Secara keseluruhan, Morotai memiliki keindahan laut dan pantai yang spektakuler, namun tentunya tetap diperlukan peremajaan dan perawatan tempat wisata agar tetap terjaga keindahannya. Anda akan sering menggunakan transportasi laut untuk menuju dan selama berada di Morotai. Dan biaya akomodasi lebih mahal, jika dibandingkan dengan biaya akomodasi di Jakarta. 



Kontributor
Nancy Geyza Iwisara.



*Foto diambil dari camera Iphone 5 dan Nokia X

0 komentar:

Post a Comment