Wednesday, January 20, 2016

Wednesday, January 20, 2016
Click here to read in English (translated by Google)


"Kemana aja lo udah setengah tahun?..."


Pertanyaan tersebut datang dari seorang teman yang pernah membaca blog ini....



Sebelumnya saya mau minta maaf kepada pembaca dan diri saya sendiri karena terhitung sejak bulan Juni 2015 hingga Januari 2016, saya tidak pernah menulis satu artikelpun di blog kakisamson ini.



Mungkin kalau ada beberapa dari teman-teman ada yg menjalin perhubungan di sosial media seperti facebook, twitter atau instagram bisa tau kenapa penyebabnya.hehehe...

Langsung aja, inilah yang terjadi selama ini.

Sejak bulan Juli, saya cukup sibuk mempersiapkan perjalanan jauh saya. Saya mendapatkan beasiswa untuk belajar bahasa di suatu negara, dan rencananya akan berangkat pada bulan Juli. Pada bulan tersebut saya merasa senang, namun merasa diombang-ambing karena belum mendapatkan dokumen seperti visa dan tiket perjalanan. Seiring berjalannya waktu, akhirnya perjalanan tersebut ditunda selama 2 minggu hingga awal Agustus.

Persiapan keberangkatan (tebak di mana hayoo..)

Agustus adalah bulan yang paling berkesan di tahun 2016 bagi hidup saya. Setelah mendapatkan segala dokumen perjalanan, saya dan teman-teman satu batch dalam program ini menempuh perjalanan selama 2 hari. Perjalanan ini bukanlah perjalanan 2 hari via darat ataupun laut, melainkan perjalanan via udara! Bayangkan! Ini adalah perjalanan terjauh yang pernah saya tempuh. Tidak tanggung-tanggung, kami diharuskan transit 3 kali dengan Rute Jakarta - Kuala Lumpur - Amsterdam -  Lima - (Tujuan). Setelah menempuh perjalanan yang sangat melelahkan namun dengan perasaan senang luar biasa, tibalah saya salah satu negara di amerika latin. Perasaan norakpun meluap-luap, apalagi ketika bisa mempraktekan bahasa Spanyol yang terbata-bata ini di negara tersebut. Tercapailah mimpi sejak jaman sma untuk melangkahkan kaki di Benua terjauh dari Indonesia.  Jujur ini diluar ekspektasi saya, menyentuhkan kaki saya di tanah amerika latin yang dikenal sebagai negaranya Shakira,James Rodriguez,  Valderama, Pablo Montoya, Pablo Escobar, Sofia Vergara dan para miss Universe. Yup, negara tersebut adalah Kolombia!
Welcome to Colombia!

Buat yang bingung dimana itu Kolombia, saya akan jelaskan. Kolombia adalah salah satu negara yang di Amerika Selatan. Mungkin bisa dibilang Kolombia ini julukannya Zamrud Khatulistiwa, karena selain letaknya tepat berada di garis khatulistiwa (sejajar dengan Indonesia) yang membuatnya memiliki iklim tropis seperti Indonesia, hampir 95% konsumsi zamrud dunia juga berasal dari negara ini. Kolombia juga satu-satunya negara Amerika latin yang memiliki 2 samudera (sama seperti Indonesia lagi lho), yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik (yang lebih dikenal akan laut Karibianya).  Disamping itu, Kolombia merupakan negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia setelah Brasil. Luas wilayahnya sekitar 2,5 kali luas pulau Sumatra (wikipedia)

Saya tiba di negara tempat tertangkapnya Nazarudin si koruptor ini bersama dengan 8 orang teman-teman satu angkatan dari Indonesia, yang terdiri dari tour guide, tour leader dan jurnalis. Mereka yang tour guide dan tour leader adalah Minadiana Salam, Sicilia Rosario, Muhammad Bezqoni dan Yossie Suryanata dan saya sendiri. Sedangkan untuk jurnalis ada Annisa Indra, Amelia Fitriani, Primarita dan Aditya. Kami telah belajar bahasa Spanyol selama 4 bulan, tepatnya di Universitas Autonoma de Bucaramanga, yang terletak di kota Bucaramanga, kota terbesar no 5 di Kolombia dengan 1 juta penduduk. Program yang kami ikuti adalah program beasiswa dari pemerintah Kolombia untuk pemandu wisata (atau sejenisnya) dan jurnalis dari negara-negara anggota FEALAC- Forum for East Asian- Latin America Cooperation. Total peserta dalam program ini kurang lebih ada 60 orang yang terdiri dari 14 negara Asia dengan Indonesia sebagai peserta terbanyak! (Proud of it!!). Tidak tanggung-tanggung, semua biaya keberangkatan dan biaya lain lain seperti uang hidup bulanan, uang kuliahpun dibayarin! Baiknya program ini! For Tourist Guide, Tour Leader and Journalist, I really recommend you all to try this program!
Nyampe juga coy!
Program ini diadakan setiap tahunnya. Silahkan cek website dan facebook Kedutaan Kolombia di Indonesia untuk mengetahui program ini lebih lanjut
Somos ELE Focalae

Melalui post ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kolombia yang mempercayakan kami sebagai penerima beasiswa. 


Lalu bagaimana dengan bulan Agustus hingga Desember? 

Dalam waktu dekat saya akan menceritakan pengalaman seru dari petualangan di laut Karibia, Paramo,Bogota, Medellin, Cartagena, hingga tempat-tempat eksotik di Kolombia!




Dengan Staff KBRI Bogota



taken in Cartagena







0 komentar:

Post a Comment