Monday, April 06, 2015

Monday, April 06, 2015
80
Click here to read in English (Translated by Google)

Banyak yang berasumsi bahwa pendakian ke Kinabalu merupakan pendakian yang memakan banyak biaya, sekitar Rupiah 5-7jt. Padahal biaya tersebut dapat dipangkas, dan digunakan biaya lain yang mungkin lebih berguna. Berikut saya beberkan bagaimana caranya melakukan pendakian Gunung Kinabalu semurah mungkin. Detail budgeting yang saya paparkan disini ditulis berdasarkan pengalaman saya pribadi dan data dari SSL.

Langsung aja yuk!
Mt. Kinabalu maps, I got it from Sanctuary Sutera Lodge. A photo posted by riky ramadani (@rikybhonksky) on
Arrange sendiri dan booking dari jauh hari
Menggunakan travel agent  adalah penyebab biaya mahal no 1. Biaya menggunakan travel agent biasanya memakan biaya 600-1000 MYR ( Sekitar 2,1-3.5juta dengan kurs 1MYR=IDR  3500). Biaya ini sebenarnya bisa dipangkas langsung dengan menghubungi SSL (Sanctuary Sutera Lodge). SSL adalah pengelola Gunung Kinabalu. Semua travel agent yang mengadakan trip pastinya melalui SSL, karena akomodasi, paket dan availability berada di bawah kendali SSL. Bagaimana cara mengontak SSL? Langsung aja email ke : reservations@suterasanctuarylodges.com.my
Untuk menemukan email tersebut, saya sendiri cukup mencoba-coba semua email SSL, hingga email ke 5 yang berbeda. Perlu diketahui, bahwa SSL tidak mencantumkan pelayanan ini di website mereka.
Cobalah tanyakan mengenai rate dan availability
Sejak Januari 2015, tarif guide naik menjadi MYR 150


Mau lebih murah?
Cobalah melakukan pendakian pada musim sepi, misal Januari-Februari. Pada tanggal tersebut biasanya hujan, sehingga orang enggan melakukan pendakian. Saya sendiri mendapatkan harga MYR 330 untuk paket 2hari 1 malam, harga tersebut tergolong murah karena merupakan harga promo. Pendakian dilakukan pada tanggal 9 Januari 2015.
Ini untuk 2 orang ya..


Cari tiket lebih murah
Bagi orang Indonesia, transport paling murah menuju Kota Kinabalu adalah melalui Air Asia. Maka dari itu, cobalah booking 4-5 bulan sebelum pendakian. Biasanya kita bisa mendapatkan harga tiket Air Asia yang cenderung murah pada saat tersebut. Jika masih kurang murah, cobalah booking tiket pada hari Selasa atau Kamis. Harga tiket di hari tersebut cenderung murah dibandingkan weekend (Jumat-Minggu). Saya sendiri mendapatkan tiket pada harga IDR 500.000, untuk PP. Namun saya hanya membeli tiket one way, dan memutuskan pulang melalui Bandar Seri Begawan, Brunei.


Kasih jeda 1 hari
Sudah booking paket di SSL? Sudah beli tiket? Usahakan untuk memberi jeda satu hari antara hari kedatangan dan hari pendakian. Kenapa? karena pendakian hanya bisa dimulai pada pagi hari, pukul 8-10. Jika kita telat, maka uang paket akan hangus. Nyesek kan? Maka dari itu sisakan 1 hari begitu tiba di Kota Kinabalu, dengan begitu kamu bisa menggunakan bus dari airport ke Kota Kinabalu dan dari Kota Kinabalu ke Taman Nasional. Begitu di Gunung Kinabalu, kamu bisa stay di berbagai penginapan murah yang harganya kurang lebih MYR 30. Hal ini jauh lebih baik daripada mengorbankan uang MYR 330 dan gagalnya pendakian.
Catatan : jangan ambil resiko menuju Taman Nasional pada pagi hari kalo belum sering. Resikonya pendakian telat dan uang hangus. Walaupun begitu hal tersebut masih dapat dilakukan.


Selalu gunakan Bus
Jangan coba-coba naik taxi untuk menuju Taman Nasional. Karena tarifnya gila-gilaan. Sebagai gambara, tarif taxi dari Kota Kinabalu International Airport- Taman Nasional Gunung Kinabalu adalah 180MYR, malah kalo sudah tengah malam akan dikenakan tambahan 50%, jadi akan kena MYR 275! Bayangin, siapa yang rela bayar taxi hampir sejuta cuma buat beginiankan! 
Tarif bus dari Airport ke Kota Kinabalu adalah MYR 5 , sedangkan Bus/Van dari Kota Kinabalu ke Taman Nasional Gunung Kinabalu adalah MYR 20-25
Terlihat jauhkan perbedaannya?



Beli Cemilan Ketika di Kota
Belilah cemilan dikota selagi bisa, kenapa? karena harga cemilan di Gunung Kinabalu agak enggak nyantai, khususnya di Laban Rata. Wajar aja sih, karena barang-barang tersebut diangkut dengan tenaga manusia alias porter. Saya masih ingat harga Kitkat yang paling kecil adalah 2 Ringgit, karena cuma itu yang saya beli. Sisanya engga mampu.hehehe..
Kalo memang tidak sempat membeli cemilan di Kota, cobalah membeli cemilan di pos awal pendakian. Harganya masih manusiawi.

Lakukan Pendakian Bertiga
Jumlah pendaki juga menentukan mahal murahnya total biaya. Di Gunung Kinabalu, setiap pendaki wajib didampingi oleh seorang Guide. Normalnya, satu guide hanya diizinkan mendampingi maksimal 3 orang pendaki. Mulai Januari 2015, tarif seorang Guide di Gn. Kinabalu adalah MYR 150, jadi tinggal dibagi 3 deh kalo melakukan pendakian dengan grup 3 orang.

Jangan pakai Porter
Nah ini sebenarnya berlaku dimana-mana sih. Jangan pake porter di Gunung Kinabalu ya kalo mau murah. FYI, porter disini dibayar perkilogram. Tarif untuk bebas 1kg adalah ... Jadi kalo misalkan si porter mengangkat 5 kg, maka kamu harus membayarnya sebesar MYR ... Lagi pula ini agak konyol sih, secara di Gunung Kinabalu kamu tidak perlu membawa tenda, kompor dan makanan berat lainnya.

Jadi ilustrasinya begini :
Tiba di KK (Hari Selasa, pagi/siang) - Menuju Taman Nasional Gunung Kinabalu (dengan menggunakan bus) - Stay di penginapan murah di Taman Nasional - Memulai Pendakian (Rabu, pagi)

Berikut perincian biaya pendakian



*Harga bisa berubah-berubah, ini hanya patokan minimum.

Sesuai ilustrasi diatas, total biaya yang dikeluarkan jadi sedikit lebih rendah dari yang dibayangkan. Saya tidak menyarankan pembaca untuk membawa uang pas-pasan, khususnya bagi yang belum terbiasa melakukan backpacking (low budget travelling) , bukan pendakian lho ya.. Alasannya karena kita belum tau seperti apa keadaan yang terjadi disana, dan ini bukan Indonesia.
Semoga artikel ini dapat menginspirasi!

Baca Juga : Alasan kenapa harus naik Gunung Kinabalu

80 komentar:

  1. mantap gan... detail banget, thanks udah di sharing... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas. makasih udah baca.hehe

      Delete
    2. Gan kalo mau ada yang berngkat lagi ajak ajak ya hehe

      Delete
    3. Yuu di agendakan yuu segera.. Backpackeran

      Delete
  2. Info yang sangat membantu...skalian mau nanya, pas kirim email ke reservations@suterasanctuarylodges.com.my....nanya biayanya kayak gimana yah mas..secara kan di webnya tidak di cantumkan pelayanannya...mohon bantuan...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirim biasa aja kayak nanya availability dan ratenya, mereka langsung kasih detail kok biasanya

      Delete
  3. Replies
    1. Iya mas, sama-sama. Makasih sudah berkunjung ya!

      Delete
  4. Mantap, ada rencana naik kinabalu lagi mas ricky ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejauh ini sih belum ada rencana kesini lagi mas Jaenal.
      Kenapa gitu?

      Delete
  5. kereeeennn. bray lu transit di KL dulu gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga kok bray, direct langsung ke Kota Kinabalu

      Delete
  6. mantab.....
    mo tanya sedikit mas...
    ada yg bilang kalo pendaftaran pendakian harus dilakukan 6 bulan sebelumnya apa bener ya mas

    ReplyDelete
  7. Mas boleh minta kontak nya wa,bbm atau line? Mau nanya2 nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas, punya instagram engga? bisa via chat ke @kakisamson darisana kok, silahkan

      Delete
  8. Mantab Bang.. Ijin Print yak or copy paste. Manfaat bgt ini :D #saam

    ReplyDelete
  9. Mas boleh minta no kontak atau bbm nya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas, punya instagram engga?
      bisa via chat ke @kakisamson darisana kok, silahkan.
      Makasih ya

      Delete
  10. kok bisa cuma MYR 330 ya? saya email SSL dikasih harga MYR 781 loh..
    Ada saran ngga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi bro emmanuel wahyu, Iya bisa, dikarenakan sedang ada promo ketika itu (hoki).Saran saya cuma dua, booking untuk pendakian pada waktu low season (bisa ditanyakan kapan ada harga promo dan low seasonnya), kedua, booking low season tersebut dari jauh-jauh hari. Selamat mendapatkan harga prormo yaaa..

      Delete
  11. artikel yg bermanfaat, saya sama temen2 kantor rencananya mau kesana bulan maret ini. padahal sama sekali buta. boleh invite IGnya ya! trimakaasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fiksi, boleh kok silahkan. Salam kenal ya

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  12. Dear Mas,

    Saya sudah kirim email juga ke SSL.
    Jawaban mereka "the price for Dorm packages is RM 781.00 per person".
    rencana saya kesana bulan Feb 2016.

    kalau dari mereka sudah RM781, berarti jatuhnya bisa RM 1417
    Guide saya hitung RM150

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas, coba minta ditanggal yang lain. harga bervariasi tergantung low-peak season. dibawah komen ini ada berangkat juga nih, mungkin dapatnya lebih murah.

      Delete
  13. Hay mas saya ada rencana ke sana juni 2016 tpi saya masih buta untuk pendftran nya dan proses waktu pendakian sampai turun kembali butuh brapa lama karena menyangkut cuti pekrjaan yg mepet, rencana saya sendiri mas ada saran

    ReplyDelete
  14. Hay mas saya ada rencana ke sana juni 2016 tpi saya masih buta untuk pendftran nya dan proses waktu pendakian sampai turun kembali butuh brapa lama karena menyangkut cuti pekrjaan yg mepet, rencana saya sendiri mas ada saran

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau ambil cuti dikit silahkan ambil yang 2d1n mas, ambil flight berangkat dan pulang yang malam, tapi resikonya biaya bisa lebih mahal. misal berangkat jumat malam (tidak perlu ambil cuti), pendakian selesai minggu siang/sore, minggu malamnya flight.

      Delete
  15. Terimakasih Mas Ricky atas sarannya, saya rencana pergi 5-8 mei 2016 ini, saya coba langsung melalui SSL, tapi sayangnya sudah tidak murah lagi, tapi dibandingkan dengan melalui tour operator masih lebih murah walaupun ada plus minusnya. Saya rencana masih berdua dengan anak saya bila ada yang mau join silahkan (max 2 orang), pastinya akan ada teman dan sedikit lebih murah terutama untuk biaya guide, akomodasi di Kota Kinabalu dan transportasinya. Biaya per hari ini masih sekitar MYR 1,940.54 (termasuk pswt ckg-kinabalu-ckg), paket 3 days 2nights, entrance fee, certificate, guide, permit, tranport ke timohon gate), belum termasuk transport airport - Kinabalu Park, akomodasi di Kota Kinabalu. Jika ada yang mau join silahkan tapi silahkan mengurus sendiri, karena saya bukan tour operator, jika diperlukan nanti saya guide biar lebih cepat, pokoknya nanti kita ketemu di bandara soekarno hatta tanggal 5 may 2016, terimakasih.

    ReplyDelete
  16. Mas Rudi, itinerary kami, 5 may air asia 20.05-2305 ckg - kinabalu, 6 may 09.00 start climb, sore sampai laban rata rest house, stay overnight. 7 may 02.30 summit attack, sore kembali ke kota kinabalu, stay overnight. 8 may pagi kbi - kul - ckg, in syaa Allah sore sampai Jakarta. Jadi kalau berangkat kamis malam, hanya perlu satu hari kerja yaitu jumat, karena minggu sore atau malam sdh sampai jakarta

    ReplyDelete
  17. Booking ke SSL hanya boleh paket 3days 2 nights (myr 974), untuk paket 3days 1night (myr 781) hanya bisa dipesan paling cepat 30 hari sebelumnya, jadi ada risiko fullybooked

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, agak mahal juga ya dapatnya. yang atas saya dapatnya myr781. Untuk guide bisa share on the spot kok, ajakin aja solo traveller, biasanya mereka mau banget daripada bayar guide buat sendiri, karena mahal.

      Delete
    2. Iya mas Riky, emang agak mahal lagi gak ada promo, lagian waktu saya hanya bisa 5-8 may, makanya booking dari sekarang karena agar ada kepastian baik tiket pesawat maupun paketnya masih tersedia.
      Mas, kalau sleeping bag perlu bawa gak, apakah disediakan selimut tebal di Laban Rata resthouse ?

      Delete
    3. Iya mas Riky, emang agak mahal lagi gak ada promo, lagian waktu saya hanya bisa 5-8 may, makanya booking dari sekarang karena agar ada kepastian baik tiket pesawat maupun paketnya masih tersedia.
      Mas, kalau sleeping bag perlu bawa gak, apakah disediakan selimut tebal di Laban Rata resthouse ?

      Delete
  18. Mas kira" barang" apa aja yang perlu di bawa ke sana . Apakah harus membawa tenda , alat" seperti gunung di indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti travelling biasa Ma. tidak perlu membawa tenda, sleeping bag, kompor dan makanan mentah. Salam kenal

      Delete
    2. Mas riky posisi jakselnya mana?saya jaksel juga,rencana oktober mau kesana

      Delete
  19. info bagus mas riky, sy jg tertarik mendaki ke kinabalu, sy dpt info ada orng2 indonesia jadi guru di sekolah daerah kinabalu, bisa jadi tempat diskusi/ transit,
    mhn ijin share info pendakiannya ya

    ReplyDelete
  20. Mau tny masAloow..
    Ke gunung kibabalu apakah hrs nginap di laban rata?bisa tektok g?

    ReplyDelete
  21. Yang mau ke gunung kinabalu bulan oktober bareng yu,saya 2 orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Halo Mas Rifki. Plan oktober tanggal berapa? Saya plan 2 orang juga ke sana, Agustus atau Oktober.

      Delete
    3. Saya tanggal 3 oktober mas iman,cari barengan,saya udah email pihak ssl dan amazing borneo,pada bulan itu ada ketersediaan.ada wa atau bbm gak mas ima

      Delete
    4. Saya tanggal 3 oktober mas iman,cari barengan,saya udah email pihak ssl dan amazing borneo,pada bulan itu ada ketersediaan.ada wa atau bbm gak mas ima

      Delete
    5. Saya tanggal 3 oktober mas iman,cari barengan,saya udah email pihak ssl dan amazing borneo,pada bulan itu ada ketersediaan.ada wa atau bbm gak mas ima

      Delete
    6. Saya tanggal 3 oktober mas iman,cari barengan,saya udah email pihak ssl dan amazing borneo,pada bulan itu ada ketersediaan.ada wa atau bbm gak mas ima

      Delete
    7. Saya tanggal 3 oktober mas iman,cari barengan,saya udah email pihak ssl dan amazing borneo,pada bulan itu ada ketersediaan.ada wa atau bbm gak mas ima

      Delete
    8. minta kontek ya dong boleh ikut da

      Delete
  22. Saya tanggal 3 oktober mas iman,cari barengan,saya udah email pihak ssl dan amazing borneo,pada bulan itu ada ketersediaan.ada wa atau bbm gak mas iman

    ReplyDelete
  23. Mau nanya dong mas? Itu pendakian 330 ringgit udah iclude dengan porternya atau belum yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas, maaf telat balas. itu engga termasuk, porter bayar sendiri, kalo engga salah 10myr/kg.

      Delete
  24. mas riki minta kontek nya dong? sy mw ikut ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah kasih kontak ssl berupa email diatas mas asep, silahkan dikontak langsung aja. karena mereka memang tidak menyediakan no telp untuk layanan reservasi paket kinabalu. terima kasih

      Delete
  25. Halo, kami dari indonesia mau ke kinabalu pada tanggal 12 juli 2016 dan akan melakukan pendakian pada tanggal 14 Juli. Mohon informasiny mengenai cara-cara booking penginapan di laban rata. oh ya, untuk guide, kapan mulai ada guide nya? apakah setelah sampai timpohon atau dari taman nasional gunung kinabalu? kami rencana ingin memesan penginapan lemaing hut, apakah ada nomor handphone yang dapat kami hubungi langsung, sebab kami tidak ingin mengambil paket yang begitu mahal.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak awal pendakian dimulai dari headquarter taman kinabalu, guide akan langsung ada. apakah yang dimaksud penginapan di laban rata? jika iya, setahu saya penginapan tersebut tidak dapat dibooking secara terpisah. jadi otomatis sudah termasuk paket.

      Delete
  26. Om izin copas ye, sumppah bermanfatt baget nih buat pembacanya. nanti saya akan tulis sumbernya juga. #pikar

    ReplyDelete
  27. Halo, salam kenal...Saya rencana mendaki kinabalu 22 dec bersama anak bungsu sayausia 14 thn. Rencana ambil pesawat airsia 20 dec, 21 dec aklimatisasi di National park (maklum sudah paruh baya), 22 dec summit ascending, 23 dec turun gunung dan langsung overnight di kota kinabalu, 24 dec kembali ke jakarta dengan air asia.
    Pertanyaan saya :
    1. Ketibaan dgn air asia dari jakarta jam 9 malam- tiba di KK sudah tengah malam lewat sedikit (artinya sdh tgl 21 dec subuh). Apakah bis dari Airport ke KK dan Bus dari KK ke National Park tersedia 24 jam ? Bila tidak tersedia, apakah ada solusi lain yang cost effective?
    2. Untuk penginapan di national park, apakah tersedia online reservation dan apakah ada rekomendasi penginapan yang cukup murah (cukup untuk keperluan aklimatisasi). Dan kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di national park selama aklimatisasi . Mungkin ada obyek2 tourist lain yang menarik ? Mohon infonya..
    3. Saat pendakian tgl 22 dec, apakah tersedia locker tempat kita menitipkan barang-barang yang tidak perlu dibawah mendaki ? Sehingga saya bisa check out dari penginapan di national park dan mendapat solusi yang lebih murah.
    4. Dari national park ke timpohon gate, apakah tersedia shuttle dan berapa RM ongkosnya?
    5. Apakah jadwal Bus dari National Park kembali ke KK untuk overnight 1 malam di KK (asumsi segera setalah turun gunung sore hari), tersedia sampai malam hari ?
    6. Dikarenakan pesawat ke Jkt baru akan ada keesokan hari tgl 24 dec sementara Hotel check out mungkin jam 12 siang. Mohon saran apa kegiatan yang bermanfaat di KK daripada berdiam diri berjam2 di airport .

    Terima masih atas masukannya...dan bila ada yang memiliki jadwal yang sama, dengan senang hati mari kita bergabung.

    M.A.G
    BSD-Tangsel

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ketibaan dgn air asia dari jakarta jam 9 malam- tiba di KK sudah tengah malam lewat sedikit (artinya sdh tgl 21 dec subuh). Apakah bis dari Airport ke KK dan Bus dari KK ke National Park tersedia 24 jam ? Bila tidak tersedia, apakah ada solusi lain yang cost effective?
      Solusi lain adalah menggunakan taxi, dari airport hingga entrancenya kinabalu national harganya 190myr, 2 jam lebih. namun, jika diatas jam 11 malam, akan ada surcharge 50%. Agar tidak kena surcharge sebaiknya, nego langsung kepada supir taxi diluar airport. Jika anda traveling dengan minimum 2 orang, maka harganya tidak begitu berat. Karena harga bus dr airport 7-10myr, KK-park 25-30 myr dan entrance fee 15 myr (jika berangkat diatas jam 12 malam ada kemungkinan tidak perlu bayar). Jadi dengan 2 orang kurang lebihnya hanya 50myr.

      2. Untuk penginapan di national park, apakah tersedia online reservation dan apakah ada rekomendasi penginapan yang cukup murah (cukup untuk keperluan aklimatisasi). Dan kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di national park selama aklimatisasi . Mungkin ada obyek2 tourist lain yang menarik ? Mohon infonya..
      Ada beberapa penginapan murah di area kinabalu park, sepertinya bisa dibook secara online. Namun saya belum pernah mencobanya.

      3. Saat pendakian tgl 22 dec, apakah tersedia locker tempat kita menitipkan barang-barang yang tidak perlu dibawah mendaki ? Sehingga saya bisa check out dari penginapan di national park dan mendapat solusi yang lebih murah.
      Saya tidak tahu, silahkan menghubungi SSL untuk lebih pastinya.

      4. Dari national park ke timpohon gate, apakah tersedia shuttle dan berapa RM ongkosnya?
      Iya ada, kalo ga salah harganya 13 atau 17 ringgit.

      5. Apakah jadwal Bus dari National Park kembali ke KK untuk overnight 1 malam di KK (asumsi segera setalah turun gunung sore hari), tersedia sampai malam hari ?
      Seingat saya van terakhir ke KK dari park adalah jam 4 sore.

      6. Dikarenakan pesawat ke Jkt baru akan ada keesokan hari tgl 24 dec sementara Hotel check out mungkin jam 12 siang. Mohon saran apa kegiatan yang bermanfaat di KK daripada berdiam diri berjam2 di airport
      Jelajahi Kota Kinabalu!

      salam kenal!

      Delete
  28. bang samson hehehe...saya rencananya mU pergi di bln des 2016 bang. terbag dr kuching ke kk. dpt tiketnya 400an utk pp totnya 900an. mnrut abang kira2kami harus siapin brp budget selama di gng. kinabalunya bang. kami backpacker ala gembel bang hehehe.saran ya bang. maksih bang ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya, mendingan kamu langsung kontak SSL untuk tanya paket pendakiannya, agar bisa dapat harga promo. Dengar-dengar sekarang mereka sudah tidak mempunyai banyak harga promo dan agak jarang. Setelah udah booking, baru bisa diatur budgetnya, 1 juta diluar biaya pendakian kalo mau backpacking gembel mah dapat banget kok..

      Delete
  29. Mas Riki...trip bareng yuk ke Kinabalu nya.sy cewe2 mo berangkat berdua aja ma kakak sy.boleh minta no WA?.tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak, via instagram aja atau email kalo mau tanya-tanya. makasih yaa

      Delete
  30. Hallo.. Ada yg ingin trip ke kinabalu pada awal tahun 2017. Jika ada, Bisa email Saya di irwan.nopiyanto@gmail.com Terimakasih.

    ReplyDelete
  31. saya ada rencana April/Mei 2017 mas irwan, masnya bulan apa ?
    mungkin ada temen2 yang berangkat April/Mei maybe bisa bareng-bareng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan 5 sama-sama naik yuk mas duta.

      Delete
    2. Mau dong bisa email : jordy_ planner@yahoo.co.id

      Delete
    3. saya permit hiking 20 April 2017 berangkat, tgl 19 dari sby-KL , tgl 20 pagi KL-Kinabalu
      email saja ke dutapakertidarajat@yahoo.co.id mas

      Delete
  32. saya udah info ke SSL, biayanya beda jauh sama bang samson, saya 2d1n 978 RM ;(( oiya climbing permit naik dari 100 jadi 200 RM haha
    gtarif guide juga udah berubah, sekarang 230 RM untuk 1-5 orang

    rinciannya :
    1.entrance fee kinabalu,kinabalu park,permit,insurance 222 RM (sekitar Rp 666.000,- ) asumsi 1RM = 3ribu :d
    2.paket 2d1n 978 RM (sekitar Rp 2.934.000,-)
    3.Guide 230 RM (Sekitar Rp 690.000,-) bisa share cost sampe 5 orang
    4.Sertifikat 10.6 RM (sekitar Rp 31.800,-)

    totalan kasar pas di TKP sih sekitar Rp 4.323.800 , belum termasuk pesawat PP, trasnport selama di sana sih

    note:
    oiya bang samson mau tanya nih, dari SSL ditawari Transport Via Timohon Summit Trail, nah itu transpor dari mana ke mana ya bang? harganya 17 RM 8-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga sempat cek kemarinan, bahwa semua harga naik pesat.
      Transport disana murah kok, sebagai gambaran dari KK ke Kinabalu Park sekitar MYR 25 dengan van, bahkan lebih murah dengan bus.
      transportnya itu dari pintu masuk (tempat registrasi), hingga Timpohon gate. tidak terlalu lama di mobil, tapi lumayan banget kalo mau save tenaga.hehee...

      Delete
  33. salam kenal
    salam Traveling,

    nama ane Fajar seorang Traveler gembel dari West Borneo. Tahun 2017 ini rencananya ane mau ngegembel ke kinabalu solo travel lewat darat (maklum masih satu daratan). ada beberapa hal yang ingin ane tanyain nih.
    1. Apakah bisa ane ngetrip ke kinabalu TANPA HARUS membeli paket dari SSL dan agen travel yg lain. (paling cuma isi buku tamu doang di TN Kinabalu)
    2. ane pinginnya solo atau nimbrung ama wisatawan lain alias TIDAK PAKAI GUIDE, apakah bisa/di perbolehkan mas ?
    3. BOLEH TIDAK ane nginapnya bebas alias nggak nginap di penginapan atau pengunjung nginapnya harus di penginapan.
    4. BOLEH TIDAK Ane bawa tenda , walaupun terlihat konyol. karna ane nggak mau nginap di penginapan.

    jujur aja nih yah. Ekspedisi ke Gunung Kinabalu ane budgeting cuma Rp 500 - 700ribu doang. itu pun udah PP Pontianak - Kinabalu - Pontianak.
    sory banyak tanya mas.

    Salam gembel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fajar,
      1. Tidak bisa jika ingin mendaki, karena memang dipaketkan dan ada kuotanya.
      2. Tidak boleh, karena memang diwajibkan. Sudah menjadi peraturan.
      3 & 4. Tidak boleh juga, setau saya tidak ada yang pake tenda.

      Kinabalu memang cukup strict mengenai aturan. Makanya memang agak mahal untuk melakukan pendakian di gunung tersebut.

      Salam kenal mas.

      Delete
    2. Yu bang backpackeran kinabalu.. Lg di agendakan nihhh

      Delete
    3. Saya rencana September ini ke Kinabalu, mungkin ada yang mau join. :D

      Delete
    4. @hendra, boleh tau tgl brp rencananya?

      Delete
  34. Mas riky saya ada rencana hiking ke Mt. Kinabalu di bulan september 2017
    mohon petunjuk dan cara reservasi di SSL, budget yg dibutuhkan minimalnya berapa saya dari medan. terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh info tgl berapa jadwalnya?

      Delete