Cara Mendaki Gunung Kinabalu Dengan Murah

Click here to read in English (Translated by Google)

Banyak yang berasumsi bahwa pendakian ke Kinabalu merupakan pendakian yang memakan banyak biaya, sekitar Rupiah 5-7jt. Padahal biaya tersebut dapat dipangkas, dan digunakan biaya lain yang mungkin lebih berguna. Berikut saya beberkan bagaimana caranya melakukan pendakian Gunung Kinabalu semurah mungkin. Detail budgeting yang saya paparkan disini ditulis berdasarkan pengalaman saya pribadi dan data dari SSL.

Langsung aja yuk!
Mt. Kinabalu maps, I got it from Sanctuary Sutera Lodge. A photo posted by riky ramadani (@rikybhonksky) on
Arrange sendiri dan booking dari jauh hari
Menggunakan travel agent  adalah penyebab biaya mahal no 1. Biaya menggunakan travel agent biasanya memakan biaya 600-1000 MYR ( Sekitar 2,1-3.5juta dengan kurs 1MYR=IDR  3500). Biaya ini sebenarnya bisa dipangkas langsung dengan menghubungi SSL (Sanctuary Sutera Lodge). SSL adalah pengelola Gunung Kinabalu. Semua travel agent yang mengadakan trip pastinya melalui SSL, karena akomodasi, paket dan availability berada di bawah kendali SSL. Bagaimana cara mengontak SSL? Langsung aja email ke : reservations@suterasanctuarylodges.com.my
Untuk menemukan email tersebut, saya sendiri cukup mencoba-coba semua email SSL, hingga email ke 5 yang berbeda. Perlu diketahui, bahwa SSL tidak mencantumkan pelayanan ini di website mereka.
Cobalah tanyakan mengenai rate dan availability
Sejak Januari 2015, tarif guide naik menjadi MYR 150


Mau lebih murah?
Cobalah melakukan pendakian pada musim sepi, misal Januari-Februari. Pada tanggal tersebut biasanya hujan, sehingga orang enggan melakukan pendakian. Saya sendiri mendapatkan harga MYR 330 untuk paket 2hari 1 malam, harga tersebut tergolong murah karena merupakan harga promo. Pendakian dilakukan pada tanggal 9 Januari 2015.
Ini untuk 2 orang ya..


Cari tiket lebih murah
Bagi orang Indonesia, transport paling murah menuju Kota Kinabalu adalah melalui Air Asia. Maka dari itu, cobalah booking 4-5 bulan sebelum pendakian. Biasanya kita bisa mendapatkan harga tiket Air Asia yang cenderung murah pada saat tersebut. Jika masih kurang murah, cobalah booking tiket pada hari Selasa atau Kamis. Harga tiket di hari tersebut cenderung murah dibandingkan weekend (Jumat-Minggu). Saya sendiri mendapatkan tiket pada harga IDR 500.000, untuk PP. Namun saya hanya membeli tiket one way, dan memutuskan pulang melalui Bandar Seri Begawan, Brunei.


Kasih jeda 1 hari
Sudah booking paket di SSL? Sudah beli tiket? Usahakan untuk memberi jeda satu hari antara hari kedatangan dan hari pendakian. Kenapa? karena pendakian hanya bisa dimulai pada pagi hari, pukul 8-10. Jika kita telat, maka uang paket akan hangus. Nyesek kan? Maka dari itu sisakan 1 hari begitu tiba di Kota Kinabalu, dengan begitu kamu bisa menggunakan bus dari airport ke Kota Kinabalu dan dari Kota Kinabalu ke Taman Nasional. Begitu di Gunung Kinabalu, kamu bisa stay di berbagai penginapan murah yang harganya kurang lebih MYR 30. Hal ini jauh lebih baik daripada mengorbankan uang MYR 330 dan gagalnya pendakian.
Catatan : jangan ambil resiko menuju Taman Nasional pada pagi hari kalo belum sering. Resikonya pendakian telat dan uang hangus. Walaupun begitu hal tersebut masih dapat dilakukan.


Selalu gunakan Bus
Jangan coba-coba naik taxi untuk menuju Taman Nasional. Karena tarifnya gila-gilaan. Sebagai gambara, tarif taxi dari Kota Kinabalu International Airport- Taman Nasional Gunung Kinabalu adalah 180MYR, malah kalo sudah tengah malam akan dikenakan tambahan 50%, jadi akan kena MYR 275! Bayangin, siapa yang rela bayar taxi hampir sejuta cuma buat beginiankan! 
Tarif bus dari Airport ke Kota Kinabalu adalah MYR 5 , sedangkan Bus/Van dari Kota Kinabalu ke Taman Nasional Gunung Kinabalu adalah MYR 20-25
Terlihat jauhkan perbedaannya?



Beli Cemilan Ketika di Kota
Belilah cemilan dikota selagi bisa, kenapa? karena harga cemilan di Gunung Kinabalu agak enggak nyantai, khususnya di Laban Rata. Wajar aja sih, karena barang-barang tersebut diangkut dengan tenaga manusia alias porter. Saya masih ingat harga Kitkat yang paling kecil adalah 2 Ringgit, karena cuma itu yang saya beli. Sisanya engga mampu.hehehe..
Kalo memang tidak sempat membeli cemilan di Kota, cobalah membeli cemilan di pos awal pendakian. Harganya masih manusiawi.

Lakukan Pendakian Bertiga
Jumlah pendaki juga menentukan mahal murahnya total biaya. Di Gunung Kinabalu, setiap pendaki wajib didampingi oleh seorang Guide. Normalnya, satu guide hanya diizinkan mendampingi maksimal 3 orang pendaki. Mulai Januari 2015, tarif seorang Guide di Gn. Kinabalu adalah MYR 150, jadi tinggal dibagi 3 deh kalo melakukan pendakian dengan grup 3 orang.

Jangan pakai Porter
Nah ini sebenarnya berlaku dimana-mana sih. Jangan pake porter di Gunung Kinabalu ya kalo mau murah. FYI, porter disini dibayar perkilogram. Tarif untuk bebas 1kg adalah ... Jadi kalo misalkan si porter mengangkat 5 kg, maka kamu harus membayarnya sebesar MYR ... Lagi pula ini agak konyol sih, secara di Gunung Kinabalu kamu tidak perlu membawa tenda, kompor dan makanan berat lainnya.

Jadi ilustrasinya begini :
Tiba di KK (Hari Selasa, pagi/siang) - Menuju Taman Nasional Gunung Kinabalu (dengan menggunakan bus) - Stay di penginapan murah di Taman Nasional - Memulai Pendakian (Rabu, pagi)

Berikut perincian biaya pendakian



*Harga bisa berubah-berubah, ini hanya patokan minimum.

Sesuai ilustrasi diatas, total biaya yang dikeluarkan jadi sedikit lebih rendah dari yang dibayangkan. Saya tidak menyarankan pembaca untuk membawa uang pas-pasan, khususnya bagi yang belum terbiasa melakukan backpacking (low budget travelling) , bukan pendakian lho ya.. Alasannya karena kita belum tau seperti apa keadaan yang terjadi disana, dan ini bukan Indonesia.
Semoga artikel ini dapat menginspirasi!

Baca Juga : Alasan kenapa harus naik Gunung Kinabalu

Labels: , , , , ,