Wednesday, July 03, 2013

Wednesday, July 03, 2013

Apa yang ada di benak anda begitu mendengar kata Siem Reap?

 
Siem Reap adalah salah satu kota di Kamboja yang terkenal akan Angkor Wat, komplek candi hindu terbesar di dunia. Angkor Wat inilah penyebab orang-orang di seluruh dunia mendatangi kota ini.
Tapi apakah anda tahu bahwa ada sesuatu yang menarik selain pasar malam, pubs street dan juga Angkor Wat di kota yang bernama Siem Reap ini?

Keganjilan ini bermulai ketika saya beberapa jam menginjakkan kaki di kota ini, tepatnya ketika memasuki hostel bernama Garden Village. Garden Village adalah salah satu hostel termurah di dunia, hal ini terbukti dengan saya menginap di dormitori seharga 2 USD untuk permalamnya.

Ketika saya manaruh ransel saya yang berat, saya berniat untuk menuju teras untuk beristirahat ataupun duduk melihat pemandangan. Nah, namun ketika saya duduk, belum ada 5 menit saya mendengar suara yang tidak asing, dan itu ternyata adzan magrib. Rasa penasaranpun muncul mengingat kamboja negara yang meyoritas budha. Setelah suara adzan tersebut selesai, sayapun menghampiri resepsionis mengenai suara tersebut.

Saya               : Did you hear the voice? *Adzan
Receptionist : What voice?
Saya               : Yeah, its kinda song, moslem song to call the people to pray. Where is the mosque?
Receptionist: What is it?
Saya              : Mosque, a place where moslems pray
Receptionist: ............

Dia masih tidak tahu, hingga saya meminta bantuan seorang bule di sebelah saya untuk menjelaskan yang saya maksud, karena dia paham apa maksud saya. Akhirnya meski sudah dijelaskan panjang lebar apa itu mesjid. Resepsionis itupun masih tidak tahu apa yang kami maksud.


Keesokan harinya atau hari kedua saya melakukan tour explore Angkor Complex dengan menggunakan tuk-tuk. Saya cukup beruntung karena mendapatkan harga 10 USD untuk seluruh perjalanan  dari pagi hingga matahari terbenam, meliputi beberapa wat utama, seperti

Angkor Wat, Angkor Thom dan Bayon.


Setelah puas menjelajahi Angkor Complex, saya kembali teringat suara adzan kemarin sehingga menanyakan apakah tukang tuk-tuk tersebut tahu letak mesjid di sekitar Garden Village, dan hasilnya dia mengetahuinya!

Tanpa pikir panjang, bukannya meminta diantar ke hostel, Saya segera meminta dia mengantarkan pulang ke mesjid tersebut sebagai gantinya.

Daaaaannn......                   eng ing eng....

Letaknya memang sangat berdekatan dengan tempat saya menginap, sekitar kurang dari 500meter. Mesjid dengan berukuran sedang, tepat di samping pintu masuk mesjid tersebut terdapat restoran halal dengan nama menu berbahasa melayu! Mengejutkan!



Setelah meangambil beberapa foto mesjid dan wilayah sekitarnya, sayapun mengambil wudhu untuk sholat. Tak disangka, tiba-tiba terdengar sebuah lagu Indonesia!
Yang lebih mengejutkan lagu tersebut adalah lagu dangdut yang disetel sangat keras! Dan lirik yang terdengar di telinga saya adalah “KUMBANG- KUMBANG DI TAMAN!!!"

(to be continued to Sisi lain dari Siem Reap, Part 2 )
 

Baca juga : Penginapan Paling MURAH di Dunia dari Kamboja!
Angkor Wat, Keajaiban Dunia dari Kamboja






0 komentar:

Post a Comment