Friday, May 10, 2013

Friday, May 10, 2013
Luang Prabang adalah kota tujuan para pelancong yang menjadi andalan pariwisata Laos. Terletak 9-10 jam dari Ibukota Vientiane.
Luang Prabang adalah kota yang dapat memenuhi hasrat para traveller, karena memiliki kedua situs alam dan sejarah. Di antara situs wisata alam adalah Kuang Si Falls dan Pak Ou Caves. Cuacanya juga cenderung sejuk, tetapi memiliki sungai yang seperti pantai. Karena Laos tidak memiliki laut. Sedangkan sejarah ada The Haw Kham Royal Palace Museum dan Wat Xieng Thong, salah satu kuil paling terkenal dalam sejarah. Selain itu daya tarik dari kota ini adalah banyaknya rumah tua bergaya Eropa, yang sepertinya pengaruh Perancis. Hal ini yang membuat Luang Prabang mendapatkan predikat sebagai UNESCO world heritage site .

Salah satu kota kecil dengan kepribadian atmosfer dan menawan,
Luang Prabang adalah salah satu tujuan top di ASEAN dan sekarang ini sudah menjadi tujuan sebagian besar wisatawan seperti Venesia , Ubud, Hoi An, Cuzco, Napier, Santorini,Chiang Mai, Siem Reap atau Barcelona. Hal ini dibuktikan dengan jumlah kunjungan turis yang melonjak hingga 22% dalam satu tahun.

Nah, biasanya orang-orang akan bosan ketika puas menjelajah berbagai objek wisata dan menjelajah Luang Prabang. Sekarang gw akan berbagi mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk menikmati waktu senggang tersebut.

Apa yang bisa kita untuk menghabiskan waktu di Luang Prabang?

Lao Sandwich dan Juice
Laos terkenal dengan sandwichnya. Dengan ukuran rotinya yang besar dan isinya yang bermacam-macam membuat sandwich ini menjadi makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil santai ataupun berjalan kaki. Sandwich ini dapat ditemukan di jalan-jalan seperti perempatan yang menjadi lokasi pasat malam misalnya.







Bersantai di Bar/ Cafe
Luang Prabang memiliki banyak bar diantaranya Lao Lao Garden, JoMa Bake cafe, LaLa Cafe, ataupun Irish Bar. Bar ini merupakan tempat-tempat yang santai untuk sharing, rileks dan menikmati minuman, misalnya lao beer yang terkenal itu. Tempat ini juga merupakan tempat yang cocok untuk berkenalan dengan sesama traveller. Alternatif lain adalah bersantai di cafe-cafe sepanjang Sisavangvong Road yang menjadi jalan utama di kota ini.

Lunch di Mekong River
Nah, ini adalah hal yang harus dicoba. Makan di pinggir sungai Mekong adalah hal yang menyenangkan dan romantis. Selain harganya murah, berbagai macam makanan pun mudah ditemukan.



Berkeliling dengan sepeda
Luang Prabang tidak hanya memiliki cuaca yang sejuk, ukuran kota yang kecil, gedung-gedung bersejarah dengan arsitek gabungan Lao dan Prancis, dam kehidupan orang lokal yang menarik, tapi juga memiliki banyak penyewaan sepeda dengan harga yang sangat murah (Sekitar 10-20 ribu kip per 24 jam) yang membuatnya merupakan kombinasi daya tarik tersendiri. Ditambah dengan menggunakan sistem setir kanan akan membuat pengalaman berkendara kalian semakin berkesan. Hal ini membuat Luang Prabang sangat layak dijelajah hanya menggunakan sepeda.



Menyumbang ataupun hunting buku
Di Luang Prabang terdapat perpustakaan untuk para wisatawan untuk menyumbangkan bukunya. Selain itu terdapat pula toko-toko buku bekas yang berbahasa Inggris. Wisatawan dapat pula membeli buku yang ditulis dengan bahasa Lao atau Inggtis dan menaruhnya di tas besar untuk disumbangkan ke orang-orang lokal.



Nyobain Lao Wine
Lao Wine/ Whisky adalah minuman traditional yang berasal dari fermentasi hewan-hewan yang menurut orang menjijikan seperti ular, serangga dan tikus. Rasanya sendiri tergolong kuat. Dibeberapa tempat seperti dipinggir jalan minuman tersebut dijual bebas dalam bentuk gelas kecil. Bahkan kalian bisa menulis testimoni setelah mencobanya!






















Window Shopping di pasar malam Luang Prabang
Luang Prabang memiliki pasar malam yang menjadi daya tarik turis, dimana selain bisa interaksi dengan orang lokal. Para pelancong tersebut dapat melakukan tawar menawar. Di ujung jalan utama Luang Prabang adalah pasar malam di mana kios-kios menjual kaos, gelang, tas, kerajinan tangan, kopi, minuman traditional hingga souvenir lainnya . Disini anda dapat makan sampai keyang hanya dengan uang 1-2 dollar sembari melihat aktivitas orang-orang di pasar malam. Sungguh menarik!

Itulah hal-hal yang sempat gw lakukan untuk mengisi waktu ketika di Luang Prabang.Meski beberapa objek wisata telah dikunjungi bukan berarti kota tersebut menjadi tidak menarik. Perpaduan kehidupan orang lokal, turis dan tempat membuat Luang Prabang menjadi tempat yang membuat para pengunjungnya betah.

0 komentar:

Post a Comment