Sunday, January 06, 2013

Sunday, January 06, 2013
23



Ketika orang-orang bertanya "Hei, kamu kuliah dimana?" Bagi kebanyakan orang yang sama-sama belajar dikampus yang sama dengan gw akan terpikir dua jawaban dikepala, menjawab STP Bandung atau Enhaii? Mungkin orang-orang akan bingung begitu mendengar STP Bandung..Lalu terjawablah "Enhai", padahal nama kampus tersebut sesungguhnya adalah STP Bandung.
Atau mungkin pula orang akan bingung, mengapa nama kampus yang tertulis Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung itu disebut Enhai? Mengapa nama surabi yang terletak di Jl. Setiabudi itu bernama Enhai? Mungkin selintas pertanyaan itu muncuk

STPB (Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung) dahulu dikenal dengan nama NHI (baca : Enhai) adalah Perguruan Tinggi kedinasan yang bernaung dibawah Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif sedang secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Nah ini menjadi rebutan antara kedua kementrian tersebut. Dikenal Enhai karena NHI sendiri adalah singkatan dari National Hotel Institute. Nama inilah yang membuat sebutan enhai terkenal, karena disini merupakan salah satu tempat belajar terbaik di Indonesia pada tahun 70an (sekarang masih sih..hehe). Nih gw copas dari websitenya untuk tahu kronologinya kenapa bisa jadi NHI, karena memang namanya berubah-ubah..

Sejarah

Cikal bakal Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB), bermula dari  didirikannya Sekolah Kejuruan Perhotelan (SKP) pada tahun 1959 yang merupakan sekolah kejuruan menengah atas kejuruan di bawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Pada tahun 1962 sekolah ini berubah menjadi Sekolah Kejuruan Perhotelan dan Perestoranan (SKPP) di bawah Departemen Perhubungan Darat.
  • 11 Maret 1963, didirikan Akademi Perhotelan dan Perestoranan (APP) dengan lama pendidikan 3 tahun sebagai kelanjutan dari SKP.
  • 8 Maret 1965, Akademi ini (APP) berubah namanya menjadi Akademi Perhotelan Nasional (APN), yang merupakan pendidikan tinggi pertama di indonesia dalam bidang Perhotelan.
  • 7 Maret 1967, Departemen Perhubungan kemudian menggabungkan APN dan SKPP menjadii Pusat Pendidikan Kepariwisataan (PUSDIKPAR).
  • 6 Januari 1970, kemudian berubah kembali menjadi Akademi Perhotelan Nasional (APN).
  • 21 Juli 1973, APN beruba h nama menjadi NHI (National Hotel Institute) atau Pusat Pendidikan Perhotelan, karena pada tahun itu Pemerintah Indonesia mengadakan kerjasama dengan pemerintah Swiss dalam bidang pendidikan perhotelan. Sistem pendidikan yang digunakan adalah program diploma I, II dan III. Nama institusi ini (NHI) masih dikenal khalayak ramai hingga saat ini.
  • 21 Juli 1979, sejalan dengan kebutuhan tenaga kerja dibidang Pariwisata, NHI dikembangkan menjadi National Hotel & Tourism Institute (NHTI) dengan penambahan jurusan pada Jurusan Usaha Perjalanan (Tours and Travel) dan Bina Wisata (Tourism Management).
  • 11 November 1981, NHTI berubah menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Bandung (BPLP Bandung) yang bernaung di bawah Departemen Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi.
  • 1 November 1993, untuk meningkatkan kualitas pendidikan pariwisata di Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.101 tahun 1993 yang dikeluarkan pada tanggal 1 November 1993, BPLP Bandung berubah menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) dengan penambahan pendidikan Diploma IV.
Program pendidikan di kampus kamipun menekankan pada pencapaian keterampilan dari sebuah ilmu. Pencapaian keterampilan tersebut diperkaya dengan Praktik Laboratorium, Studi Lapangan dan Praktek Kerja Nyata. Jadi kalo yang mau koki dia akan masaka terus menerus, bagian f&b akan belajar meracik hinggan menyajikan, sedangkan pariwisata dan perjalanan biasanya akan praktik untuk melakukan penelitian atau studi lapangan ke suatu tempat. Mungkin bahasa menyenangkannya adalah jalan-jalan..ya, jalan-jalan. hehehe....Selain itu menurut gw Enhai merupakan tempat yang tepat apabila ingin menjadi koki, hotelier ataupun berkarya di dunia pariwisata dengan biaya murah, karena kampus ini mendapatkan subsidi yang cukup besar dari pemerintah. FYI pada tahun ajaran 2011/2012 saya hanya membayar 2.6 juta dalam setahun, sudah termasuk buku, seragam dan subsidi field trip. Sangat jauh harganya bila dibandingkan dengan sekolah pariwisata lain.

Selain itu ada beberapa hal unik yang ada dikampus bernama STP Bandung tersebut, seperti :

PSDP/ PDSP
Nah ini dia yang dinanti mahasiswa lama dan ditakuti mahasiswa baru.PDSP adalah singkatan dari Pelatihan Disiplin dan Sikap Profesi. Ini adalah ospek dikampus kami. Bedanya, dikampus ini kita ga cuma diospekin oleh kakak kelas, melainkan oleh tentara juga. Biasanya ini terdiri dari 5 hari, ada hari dimana di kampus dan hari bersama tentara. Selain itu di Enhai ospek adalah keharusan, karena menjadi syarat job training dan pengambilan ijazah. Kalo belom punya sertifikat pdsp otomatis ga bisa ngambil ijazah. Bahkan waktu gw ospek masih ada angkatan 2001 yang ikut. Bagi yang bukan mahasiswa baru nama panggilannya adalah "VETERAN".

PSBM
Kalo yang ini dinanti oleh seluruh mahasiswa Enhai. PSBM (Pekan Seni Budaya Mahasiswa) adalah ajang bergengsi dimana tiap himpunan mahasiswa dari tiap program studi bertanding dalam lomba dan kontes. Kontesnya pun mulai dari parade, musik kreatif, duta STP, hingga suporter terbaik. Jeleknya seringkali terjadi pertengkaran akibat adu sahut, gengsi dan nyolot-nyolotan.

PKN
Program Kerja Nyata disini adalah magang, cuma yang membedakan magang disini dengan kampus lain adalah durasi dan lokasinya. 6 bulan! ya, mahasiswa akan ditempatkan disuatu  tempat, tergantung program studinya. misal hotelier akan ditempatkan di hotel, jurusan pariwisata di kementrian atau kantor dinas pariwisata, sedangkan jurusan perjalanan bisa di travel, maskapai, kargo ataupun event organizer.

Enhai Night
Ini adalah partynya anak Enhai, biasa diselenggarakan setelah PDSP. Sebenarnya acara ini illegal, karena diselenggarakan oleh mahasiswa tanpa sepengetahuan dosen (walau kadang ada aja dosen yang tau). Enhai Night biasanya diseleggarakan di salah satu night club di Bandung. Selain menjadi ajang untuk berkenalan dengan mahasiswa lain. Enhai night juga tempatnya mahasiswa Enhai unjuk diri dengan berbagai performance: misalnya ada pom pom boys yang menyajikan tarian dari kocak hingga erotis (yang melakukan sexy dancing adalah lelaki, bukan wanita), lalu NBC (Enhai Bartending Club) yang melakukan flairing/ juggling dengan botol dan adapula sexy dancer sesungguhnya dari wanita-wanita.

PSD
PSD disini bukan PSD dengan gangnam style dari Korea. Melainkan Professional Skill Development. PSD adalah seminggu penuh event, event yang dimaksud adalah event dimana mahasiswa memperlihatkan skill professionalnya yang pernah dilatih selama menempuh pendidikan. Misalnya ada making bed competition oleh anak divisi kamar, lalu ice carving dan perlombaan masak dari prodi kitchen, story movie competition oleh jurusan tourism hingga travel mart oleh jurusan tour n travel.

Greeting dan Grooming
2g atau yang akrab didengar sebagai greeting dan grooming adalah suatu hal yang sangat lumrah di kampus ini. Jangan heran apabila anda melintasi jalan dan berpapasan dengan mahasiswa (terlebih mahasiswa baru), mereka akan memberikan sapaan seperti selamat pagi atau selamat siang. Namun sayangnya, perilaku ini tidak bertahan hingga mahasiswa tersebut lulus (gw melihatnya dengan objektif). Hal ini paling terasa ketik hari jumat, dimana maba biasanya tidak menggunakan seragam putih hitam, sedangkan mahasiswa tingkat akhir tidak menggunakan bronje (jas berwarna cokelat). Sehingga mereka tidak saling mengetahui tingkat semester satu sama lain. Mengenai grooming, mahasiswa/i disini memiliki aturan tersendiri dalam berpakaian. Hal ini akan dijabarkan oleh gambar dibawah :
(gambar menyusul dikarenakan koneksi buruk)


Kekurangan-kekurangannya
Meski begitu dari sudut pandang gw sebagai mahasiswa terdapat pula kekurangan-kekurangan yang terdapat di kampus ini, misalnya unit kegiatan mahasiswa. Disini hanya terdapat 3 unit kegiatan mahasiswa berdasarkan agama, yaitu IKMM (Muslim) ,KMK (Katolik) dan PMK (Kristen). Lalu dua kegiatan olahraga ( beladiri dan basket) dan sisanya cenderung terbengkalai. Padahal unit kegiatan mahasiswa adalah sarana untuk meningkatkan dan mengembangkan soft skill mahasiswa, selain itu kegiatan mahasiswa dapat pula menyatukan mahasiswa dari berbagai jurusan. Dan kenyataannya mahasiswa di kampus ini kurang menyatu, tidak heran apabila antar jurusan kurang mengenal satu sama lain. Sekalinya bertemupun di PSBM dimana kami harus menunjukan kehebatan satu sama lain. Hal ini seperti dibuat dengan sistem yang ada.
Selain itu senat di kampus ini cenderung tidak dapat berdiri sendiri, sungguh beda apabila dibandingkan dengan BEM yang ada dikampus lain. Selain itu proker yang mereka miliki pun sebenarnya program dari manajemen kampus misalnya PSDP dan PSBM. Belum ada kreativitas untuk menyelenggarakan program baru yang lebih menarik dan bermanfaat.

Selain itu, mengenai fasilitas. Kampus ini sebenarnya memiliki WiFi seperti kampus pada umumnya. Namun sayangnya, WiFi ini hanya bisa diakses oleh mahasiswa tingkat akhir, yaitu tingkat 3-keatas. Padahal internet ini merupakan sarana yang dapat memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan informasi, dan juga merangsang kreatifitas. Pertanyaannya: Mengapa tidak semua mahasiswa diberikan akses dalam hal tersebut?

Masih dalam fasilitas, tiap kelas memiliki MacBook yang seharusnya dapat dimaksimalkan dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan yang umumnya terjadi adalah Komputer tersebut hanya digunakan untuk mengabsen para mahasiswa, itupun masih menggunakan sistem absen tunjuk tangan. Parahnya mahasiswa yang menggunakan komputer tersebut terkena sangsi. Hal ini suka menjadi keluhan para siswa.

Sering kali nilai menjadi hambatan mahasiswa dikarenakan nilai tersebut telat dan sulit akses. Kesulitan ini semakin dirasa ketika mahasiswa ingin mengecek apakah ada mata kuliah yang harus remedial, ataupun sekedar meminta transkrip terbaru untuk berbagai hal. Mulai dari pemberitahuan ke orang tua, apply beasiswa ataupun melamar kerja. Akan lebih baik apabila kampus menggunakan internet untuk mengetahui ipknya secara online. Namun sayang hal ini belum terimplementasi.

Belum lagi ketika liburan dengan nyamannya kadang-kadang mahasiswa dibuat tidak tenang akan pembayaran kuliah tahunan yang mengharuskan mahasiswa tersebut ke kampus karena masih menggunakan uang tunai. Memang boleh dititipka, tapi tetap saja tidak praktis. Hal ini tidak akan terjadi apabila menggunakan sistem online atau transfer. bukan begitu?

Gw tidak bermaksud menjatuhkan atau menjudge keadaan ini, melainkan kita butuh interopeksi dan melakukan hal yang lebih baik, yaitu PERUBAHAN.

Field trip semester 6
Terlepas kelebihan dan kekurangan diatas. Adapula hal-hal unik seperti fakta-fakta yang akan saya ceritakan. Fakta-fakta ini mungkin tidak diketahui oleh sebagian mahasiswa. 
Tahukah kamu? bahwa STP Bandung adalah :
  • Kampus pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi dari UNWTO (United Nation World Tourism Organization)
  • Kampus tertua di Asia Tenggara, bahkan salah satu tertua di Asia Pasific
  • Tuan rumah pertama di Indonesia pada Asian Tourism Forum
  • Perguruan Tinggi yang memiliki jenjang S1 Pariwisata pertama di Indonesia
  • Salah satu perguruan tinggi yang wisudanya dihadiri langsung oleh Mentri Pariwisata.
  • Hingga tahun 90an kerudung tidak dibolehkan di kampus ini
  • Perguruan Tinggi yang mendapatkan rekor MURI dalam menyumbang tenaga pariwisata terbanyak di Indonesia

Terima kasih atas 4 tahun yang anda berikan kepada kami (mahasiswa), semoga kami dapat mengharumkan nama kampus tercinta ini...


200815351




23 komentar:

  1. Apa sekarang kerudung diperbolehkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. diperbolehkan kok, kayaknya udah sejak tahun 2000an awal

      Delete
  2. Disana mayoritas agamanya apa? Apa agama muslim paling sedikit? kalo masuk jurusan kitchen itu kalo ada bahan yg haram menurut islam gmn? Terus kalo gaikut enhaii night gapapa? Maaf banyak nanya gue muslim dan kepengen bgt masuk nhi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mayoritasnya muslim kok bro, bahkan 80-90 persen itu muslim. Kalo masalah bahan, jujur gw engga tahu. Tapi ada beberapa yang kerudungan kok anak kitchen.

      Delete
    2. Tidak ada menu pork

      Delete
    3. tapi kalo bikin minum2an gitu gmn?

      Delete
  3. Sbenernya mahal biaya sekolah nya ?

    ReplyDelete
  4. Sbenernya mahal biaya sekolah nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga juga kok, dibandingkan PTN lain bahkan lebih murah. Biaya kuliah di STP Bandung disubsidi pemerintah hingga 80%.

      Delete
  5. Biya jurusan management tata boga apakah sudah termasuk. Biaya praktik memasak?

    ReplyDelete
  6. Biya jurusan management tata boga apakah sudah termasuk. Biaya praktik memasak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sudah termasuk biaya praktik. Kuliahnya seminggu teori, seminggu praktik.

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Di NHI boleh menggunakan hijab tidak ya?

    ReplyDelete
  9. pengen tahu klo berhijab seragamny gimn ya? hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja, berlengan panjang, seperti mahasiswa lainnya. Lalu menggunakan hijab.

      Delete
  10. Stp bandung paling banyak nerima dari mandiri apa sbm?

    ReplyDelete
  11. Test bahasa inggrisnya tertulis apa pilihan ganda?

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Punten mau nanya, kalo jurusan kakak itu biaya per tahunnya berapa? Dan kalo field trip biasanya nambah biaya lagi kah? Makasih

    ReplyDelete