Thursday, January 10, 2013

Thursday, January 10, 2013

Yup, selamat malam Indonesia. Sampai ketemu di bulan kelahiranku. Bulan tersebut bernama Maret aka March aka Marzo. Mungkin ini yang gw katakan dalam hati sekarang ini.Mengapa? karena kemungkinan seandainya saya masih hidup saya akan berada di negara lain, bukan di Indonesia. Negara manakah itu? Negara itu adalah negara tetangga yang penduduknya hanya sepadan jumlah penduduk Jabodetabek, negara tersebut adalah Malaysia.

Sebenarnya tujuan utama gw bukanlah negara Malaysia, melainkan negeri senyuman atau negeri gajah, Thailand. Gw akan menjalani exchange sebagai relawan untuk mengajar di rural area di negara tersebut. Pelajaran yang akan saya ajarkan kepada mereka adalah pelajaran bahasa Inggris dan kebudayaan Indonesia. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia dan juga mengenal kebudayaan mereka. Project exchange yang saya jalani bernama Sawasdee Project. Sawasdee Project diikuti oleh 120 exchange participant dan dibagi 2 periode. Periode pertama adalah bulan Desember-Januari. Sedangkan periode kedua adalah bulan Januari- Februari. Project ini diselenggarakan oleh organisasi internasional yang bernama AIESEC. AIESEC ini berada di banyak negara, penyelenggaranya berasal dari AIESEC Thailand. Kebetulan saya salah satu anggota AIESEC Bandung. Sebenarnya saya agak ragu tidak dapat menulis dengan konsisten ketika exchange ini. Hal ini bukan disebabkan sibuk, melainkan tidak adanya akses internet di daerah tersebut. Tidak ada yang menjamin soal itu. Semoga saja hal ini tidak terjadi.

Saya sendiri akan meninggalkan Indonesia dari mulai besok hingga minggu ketika bulan Maret. Soal tanggalnya nanti aja ya dipublishnya.hehe.. Ini merupakan kunjungan Thailand saya yang ke dua kalinya. Pertama kali saya datang ke negara ini adalah ketika saya menjadi perwakilan Indonesia dalam ASEAN summer camp di Bangkok dan Petchaburi. Summer Camp ini diselenggarakan oleh kampus NIDA dan bantuan dari pemerintahnya. Rute perjalanan saya sendiri adalah berangkat dari Penang, Malaysia dan pulang dari Ho Chi Minch, Vietnam. Bisa dibilang setelah saya habis kontrak dengan project, saya akan pergi untuk ASEAN trip.

Tujuan dan harapan saya melaksanakan kegiatan inipun bermacam-macam. Seperti yang akan gw tulis dibawah:

  1. Saya ingin belajar hidup, atau kehidupan mungkin (bingung jelasinnya). Mungkin kedengerannya klise, tapi entah mengapa ini menjadi salah satu tujuan utama saya. 
  2. Mengenal budaya asing, bukan cuma Thailand. Tapi juga budaya lain, karena exchange participant juga berasal dari negara yang berbeda-beda. Selain itu saya juga ingin mengenalkan kebudayaan Indonesia. Ingat ya, buday bukan cuma bahasa, kesenian ataupun kerajinan tangan. Selain itu kebudayaan terdiri dari banyak hal mulai dari pola pikir, kebiasaan, agama, sudut pandang hingga banyak hal lainnya. Semoga pandangan saya dalam cultural understanding semakin meluas seiringnya waktu
  3. Pengalaman kerja dan tinggal di luar negeri. Meski kebudayaan Thailand dan Indonesia tidak terlalu berbeda, menurut saya tinggal di tempat dimana tidak semua orang berbahasa Indonesia, tidak kebanyakan orang adalah muslim dan menjadi minoritas adalah hal yang patut dicoba. Selain itu tinggal di daerah pedesaan dimana fasilitas belum tentu ada akan menjadi semakin menarik! bukan begitu?. Disamping itu, gw berharap pengalaman bekerja sebagai orang asing di negeri orang ini akan mengajarkan gw bagaimana cara mengharmonisasikan perbedaan budaya dan bekerja dengan orang yang berbeda latar belakang.
  4. Network! gw yakin akan mendapatkan network yang berguna bagi masa depan. cepat atau lambat. amien!
  5. Modal kerja mungkin. berhubung spesialisasi pendidikan gw adalah di bidang tour and travel, gw harap ASEAN trip yang akan gw lalui ini akan menjadi nilai plus untuk melamar pekerjaan. mungkin kedengerannya konyol, tapi entah kenapa gw merasa hal ini benar-benar berguna..
Surprise! Dalam perjalanan biasanya akan ada hal-hal yang mengejutkan. Semoga kejutan tersebut akan datang sebagai hal baik yang tak terduga.

Mungkin cuma itu yang gw bisa ceritakan malam ini.. Buenas Noches, hasta la vista


*jujur gw agak skip malam ini, gw cuma bisa ketawa begitu banyak kesalahan dalam menulis antara gw dan saya. kacau! hahaha...ini adalah tanda gw masih sangat bodoh dalam menulis.hehe...

0 komentar:

Post a Comment