Sunday, December 23, 2012

Sunday, December 23, 2012
Yup, ga sengaja gw buka tumblr dan menemukan tulisan gw setahun yang lalu.. tulisan ini mengenai SEA Games pada tanggal 11-22 Desember di Jakarta. Honestly, I just shocked that I realized my writting skill was so bad. Even it was written in Bahasa Indonesia.
SEA games? mungkin istilah ini ga asing buat kita, tapi ga smua orang juga tau soal pekan olahraga terbesar di Asia Tenggara ini. Yah, SEA games adalah singkatan South East Asian games, yaitu perhelatan olahraga terbesar se Asia Tenggara yg biasa diikuti 10 negara, namun sekarang oleh 11 negara. WHY? Karena Timur Leste (dulunya Timor Timur, provinsi Indonesia yang menjadi negara pada tahun 1999) sudah menjadi anggota ASEAN. Kebetulan pada SEA games XVII skrg, Indonesia menjadi tuan rumah yg berkedudukan di 2 kota yaitu, Palembang dan Jakarta.

Lalu, apa hubnya dengan saya??
Nah, pada SEA games ini saya terpilih menjadi LO (Liason Officer) hotel di Hotel Santika Jakarta, dimana hotel tersebut menjadi tempatnya para atlet wushu dari 10 negara beristirahat (Timur Leste kebetulan tidak ikut dalam cabang olahraga ini).
Nah, buat yg belum pada tau wushu itu apa, gw jelasin. Wushu itu beladiri dari Cina, dimana orang Amerika itu nyebutnya kungfu. Jadi sbnarnya wushu dan kungfu itu sama. Nah wushu itu dibagi 2 macam, Taolu dan Sanshou. Taolu itu seni gerak, yang biasanya pake senjata, seperti pedang, golok, toya atau tombak. Sanshou itu untuk fightingnya, ini lebih mirip kaya MMA (Mixed Martial Art). Di Sanshou ini mukul, tendang, banting dibolehkan. Gw harap penjelasan ini dapat dimengerti. Bagaimana?

Apa tugas gw sbg LO hotel?
Tugas gue disini mengatur,menginfo,berkordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti hotel, dispar (dinas pariwisata), dishub (dinas perhubungan), katering, ahli gizi, keamanan (yang terdiri dari polisi dan satpol PP), kesehatan, TNIA AU, Pengurus Besar (PB) dan INASOC ( Indonesia SEA GAMES Organizing Committee) sendiri.

image

Apakah susah? gw pribadi sih take it easy aja nih tugas. Cuma ya lo taulah, yang kita atur ini manusia, bukan robot. Syukur kalo manusia-manusianya gampang diatur. Kenyataan manusia-manusia ini malah susah diatur, berasa penting sendiri hingga pada berebut kamar dan jatah makan sendiri. Konyol kan?
Yah, inilah ironinya negara kita, dimana kita sebagai host, bukannya ngalah dan ngasih service terbaik kepada tamu, ini malah pada berebut jatah. Apalagi klo udah dengar kata-kata "demi merah putih" sebagai tanda pasrah, gw cuma bisa menahan tawa dan senyum atas perkataan munafik tersebut. Jadi ya klo mereka udah pada mulai bertingkah gw bisa jawab "ini demi merah putih",dengan begitu mereka nurut deh.haha..(makan deh tuh snjata makan tuan).
Tapi jujur gw enjoy bgt ama pekerjaan ini, meski sistem yg ada sangatlah kacau. Kenyataannya, kita disini bukan kerja sesuai sistem ,tapi memperbaiki sistem (no offense),cmiiw.Contoh kasus yang adapun bermacam-macam, dari kamar atlet yg belum terbooking, tamu yg dioper kesana kemari, makanan yang kurang, duit atlet yang hilang, orang-orang keamanan yang sok ngerti, sampe penyediaan transport yang kurang berkordinasi. Belom lagi orang-orang yg freak malakin pin (jadi tiap atlet punya pin yang biasanya berbentuk bendera kebangsaan mereka) ke atlet- atlet, such a shame! (maaf kalo trsinggung,tapi beginilah kenyataannya).

Pengalaman yang paling menarik menurut gw ketika gw menjadi guide orang Laos mencari asesoris Cina,gw bawa orang itu dari Hotel-Sarinah-Glodok-Mangga dua-Sarinah-Hotel Santika. Parahnya orang tersebut ga bisa Bahasa Inggris sama skali, alhasil dengan bahasa mandarin gw yg pas-pasan gw bisa menjadi guide orang tersebut. Gw juga mengajak dia naik bajaj di daerah kota yang kebetulan lagi banjir semata kaki,dan orang tersebut senang bukan main! hahaha..

Meski bgtu kami, para anggota partai wushu perjuangan (LO, VO, NOC assistant) tetap bekerja dan berkordinasi dengan baik, justru masalah tersebt membuat kita makin akrab dan mempererat kekeluargaan kita. Kita terdiri dari LO hotel: Ancha,si jagoan preudential,lu tinggal call dia klo mau tau tentang asuransi. Bijaklah pokoknya bapak koordinator yg satu ini. Arif, si mahasiswa teknik perkapalan UI 07,calon arsitek kapal, doyannya jaga malem, he's never slept at santika! Lalu Vina, si ceplas ceplos, jago zhongwen!she's our translator, keren kan? omongin pluralisme deh ama dia.

Di bagian volunteer ada Yoga, si lugu dari UNJ , lalu Nadia, mahasiswi UNJ yang tergila-gila dengan Laos, sama,si bu haji, yang sering bilang "elo mah gila". Selain itu ada Rio si polos dan agak bego.haha.. Pak Setiawan sebagai dedengkot VO dan mukhlis sebagai koordinatornya. Di bagian gizi ada heni, yang nuduh gw makan lapak dia ,terus dia juga khilangan nametag.ooh..poor her. Lalu ada ika, yang sarung tangannya kebawa gw, bocah labil ini trgila-gila dengan Rio.

Lalu di NOC ada Mia (Myanmar), NOC prtama yang gw kenal, dia pinter, namun sangar. haha...very open minded person, great person to share n as a partner. Ikhsan (Singapore), mukanya agak tengil, sampai-sampai jadi incerannya orang keamanan.haha..but he has good voice, will be great vocalist. Klo ngomong ga berhenti pula.haha..Dennes,ni orang kocak abis, minta disambit batulah kayaknya. we share a lot about fitness and health ,he also great guitarist, calon gitaris blues masa depanlah doi. Lalu ada Nurul and Venny untuk Thailand, yang heboh kalo ngomong, kasian dimarahin orang Thai.haha..Di Malaysia ada susi,yg tegas, sempat jalan kaki bersama atlet dari TVRI sampe Santika. wew! she must be great teacher at the class!.terus Rizka yang tergilagila dengan atlet vietnam, all of her contingents can't speak english!wew! Terus di NOC Laos ada Tara, lulusan S2 HI yang energetik, selalu mondar-mandir, selain itu dia juga penjual keripik yang handal! Terakhir ada Manda si NOC Indonesia, alumni sosiologi UI 05 yang jadi selera tentara, soalnya digodain melulu.haha..*peace,ga salah man lo kerja jadi PR emang. Sedangkan di Brunei ada Ade, biksu yang ga lagi dinas jaga kuil dikarenakan mencari kita di kala SEA games.dan terakhir Rosa,orang yang bikin gw ngakak gara-gara berantem dengan bapak-bapak di GBK! konyol sumpah!

Dan yang terakhir adalah vo transport, Mustika dan Ikhsan, gw agak bingung ama 2 mahluk ini, ga pernah satu pikiran kayaknya, yang satu pernah bawa saudaranya ke hotel, yang gw pikir adalah sopir dari hotel sultan, sedangkan yang satunya lagi tukang ganti no hp, bakal jadi tukang servis hp kayak dia di kemudian hari. Selain itu, ada juga Andari dari bag.dispar,dia bertugas nawarin paket tour gratis ke tamu-tamu hotel, tapi anehnya malah satpam, polisi ampe pol pp yang nyamperin doi.haha..

Kurang lebih itulah yang bisa gw ceritain dari pengalaman LO sea games.Gw harap kita bakal terus keep contact buat selamanya ke arah yang lebih baik!!!

image
Guys,this experience is unforgottable,and YOU are irreplaceable!!!!

0 komentar:

Post a Comment