Thursday, December 13, 2012

Thursday, December 13, 2012
My friends and I just have seen 5 cm. movie.n This movie is directed by Rizal Mantovani and inspired by novel which is 5cm. This novel is written by Donny Dhirgantoro. and based on true story. This novel is one of Indonesian best seller. I read this novel was 2006, more than 6 years ago. Okay, berhubung ini udah larut malam dan otak gw kurang bisa bekerja dengan maksimal untuk menulis dengan bahasa Inggris, maka gw akan menggunakan bahasa Indonesia. Yup, novel ini menceritakan tentang 5 orang sahabat yang udah temenan sejak 10 tahun yang lalu. Mereka ini terdiri dari Genta, Ian, Zharfan, Riani dan Arial. 5 bersahabat ini selalu bareng-bareng kemanapun mereka pergi hingga suatu saat mereka merasa seakan-akan mereka ga punya temen lagi selain mereka berlima tersebut. sampai akhirnya mereka memutuskan untuk tidak bertemu dan bertemu di suatu tempat. Gw ga akan cerita begitu detail, so it's gonna be better if u read the novel. So overall this novel tell us about dream, nationalism and FRIENDSHIP!


Yup, film ini menurut gw pribadi cukup bagus khususnya untuk taraf film lokal. Walaupun pada akhirnya orang-orang akan membandingkan novel dengan film dan selalu bilang seruan novelnya bla bla bla...(opini ini terlalu umum dan menurut kurang adil karna filmnya ga mungkin punya durasi cukup buat menceritakan detail cerita, dan tiap orang punya perspektif beda-beda dalam pikirannnya ketika baca novel).
Perbedaan-perbedaan di fim dan di novel ini menurut gw cukup menarik, karena di film ini mereka menggunakan sudut pandang yang berbeda dengan novel. Selain itu lagu-lagu serta puisi yang sarat makna pun jarang diputar, ini sesuatu yang sangat wajar berhubung durasi. Jujur gw  sendiri (waktu itu masi kelas 1 atau 2 sma) cukup takjub ketika baca novelnya karena lagu-lagu dan puisinya, dan salut akan wawasan di penulis. Tapi gw salut ama ini film karena durasinya lebih dari 2 jam dan itu lumayan terasa cepat, disini sutradara memainkan peranan penting
Jika dilihat dari sisi gambar, menurut gw pengambilan gambar di film ini cukup keren. jarang-jarang film Indonesia menggunakan helikopter untuk mengambil banyak gambar.
Hal ini bisa dilihat dari seringnya pemandangan yang disorot sebagai latar, walau sempat bayangan helikopter tersebut terlihat di kamera.Gokil sih klo soal latar belakang, serasa nonton discovery atau national geographic.
Seharusnya film Indonesia sering kaya begini buat gencarin promosi pariwisata. Padahal klo dipikir penulis novel ini atau novel Laskar Pelangi ga berniat (asumsi gw) menceritakan tentang pariwisata di tulisan mereka.


Lalu, apa efek yang akan muncul setelah penayangan film ini?
kalo menurut gw (sekali lagi meurut gw, karena gw ga berani asal ngomong di tempat umum tanpa landasan yang kuat).
Mungkin orang-orang Indonesia akan  lebih punya mimpi. Mimpi disini yang gw maksud adalah tujuan atau alamat hidup (bukan alamat rumah, apalagi alamat palsu), jadi lebih kuat mentalnya, ga ngoyo atau pasrah. Buang jauh-jauh deh mental inlander!
Ini juga sebabnya mengapa orang yang jualan mimpi sangat laku di indonesia, karena di negara lain, misal singapore, mereka ga akan laku menjual mimpi.di Indonesia kita masih belom punya can do attitude yang kuat, efeknya kita kurang inovasi, maunya instan, dan akhirnya malas. Sehingga ujung-ujungnya korupsi. Padahal motivator itu ga bakalan laku di negara orang yang emang punya "belief" atau "can do attitude" tersebut. Fuck offlah!


Selain itu gw juga yakin akan banyak orang yg pergi mengunjungi gunung semeru. Yah, karena selain memang keindahannya mereka pasti jadi penasaran. Cuma ya jangan sampe aja orang berbondong-bondong mendaki tanpa persiapan, baik peralatan, fisik,  ataupun MENTAL! pesan gw sih jangan kapok kalo udah disana.hahahaa...
Yang terakhir cewek gunung! ya cewek gunung, apa yang berada di benak pikiran anda mengenai cewek gunung? (pikir sendiri, dan ga usah dijawab.okay?)
Semoga setelah film ini cewek-cewek gunung nanti akan ada yang cantik macam Pevita pearce atau Raline Shah. Karena yang udah-udah sih hal kayak gini sungguh susah kalo bahasa puitisnya atau mustahil bahasa gampangnya.hahaha...Hal yang terakhir lebih mirip do'a dibandingkan prediksi sepertinya.
Udah ah segitu aja bualan gw malam ini. Buenas noches todos! hasta luego! (semoga mimpiin Raline Shah dan Pevita..Lho??)

nih klo mau liat trailernya : http://www.youtube.com/watch?v=aL-wI0xZJ6M

nih blog tentang novelnya: http://5cm-legacy.com/blog/

semeru rikybhonksky kakisamson
Nih pas di Arcopodo

mahameru rikybhonksky kakisamson
Sing iki jenenge Mahameru

0 komentar:

Post a Comment